Tips memilih Knalpot
AKSESORIS Motor berupa Knalpot racing sebagai pelepas gas buang dari
motor merupakan salah satu kunci dari bagian dari motor yang dapat
diupgrade. Dengan penggantian aksesoris motor berupa knalpot ini dari
knalpot standart ke knalpot racing biasanya dapat menambah tenaga atau
malah sebaliknya menurunkan tenaga.
Secara dasarnya untuk lebih mudahnya aksesoris motor berupa Knalpot Racing ini dipergunakan untuk (tipe pemakai):
1.
Pemakai Umum - Kategori Style only - Pemakaian Pergi ke kantor, touring
master dan aktifitas rutin sehari-hari (non-racing) hanya agar
mendapatkan suara yang lebih empuk dan ngebass dan agar suara dapat
terdengar dengan tujuan agar lebih hati-hati didekat si pengendara..
2. Pemakai Medium - Kategori Style-Gaya balap-ngebut kalau ada kesempatan - Pemakai Pergi Ke Sekolah, Kampus, Kantor.
3.
Pemakai Advance - Kategori Street illegal Racing - Pemakaian khusus
untuk balap liar dengan kondisi motor akan dipakai hanya untuk balap
liar.
4.
Pemakai Profesional - Kategori Full Racing is legal - Pemakaian khusus
untuk balap resmi dengan spek motor full racing/medium racing Mp3 dan MP
5, dengan rider seorang pembalap professional.
Untuk Mendapatkan aksesoris motor berupa knalpot sesuai criteria kategori diatas berikut petunjuknya:
1. Pemakai Umum-Kategori Style only
Yang diperlukan disini cukup hanya dengan mengganti silincer/peredam suaranya saja.
Apabila
pipa dari leher knalpot hingga silencer bisa dilepas tanpa memotong
seperti model motor tipe 4-tak Scorpio, Thunder 250,CBR 150, Minerva,
Thunder 125, Shogun 125, Arashi, Honda Supra 125, Satria FU, Nova Sonic.
Untuk motor tipe 2-tak seperti NSR,King, Ninja 150, TZM 150, Tiara
125(JR 120), 125Z( bila 2 tak cukup dengan memotong sebagian isi dari
silencer yang menempel pada pipa letaknya didalam silencer) Akan tetapi
suara menjdi lebih garing dan keras.
2. Pemakai Medium-Kategori Style-Gaya balap
Yang
diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot
standartnya dengan full system (system full termasuk dari leher knalpot
yang menempel di blok mesin hingga ujung silencer, atau juga hanya
mengganti silencernya juga tanpa mengganti pipa knalpot.
Selain
itu setting spuyer yang tepat diperlukan. Contohnya: untuk motor tipe
4-tak proses setting dapat dimulai dengan menaikkan spuyer pilot jet
sebanyak 1 step angka kenaikan, misalkan dari angka pilot jet 12,5
menjdi 15 untuk karburator tipe mikuni. Dari 15 menjdi 17,5 dan
seterusnya kenaikan sebesar per 2,4 (juga disesuaikan dengan setting
bukaan skrup udara di karburator). Untuk tipe motor 2 tak selain pilot
jet naik satu step, sebaiknya mainjet juga dinaikkan satu step untuk
mengatasi kekeringan diputaran atas dari mesin.
3. Pemakai Advance-Kategori Street illegal Racing
Untuk
memilih knalpot yang tepat bagi kegunaan mereka. Ada baiknya banyak
mencoba beragam knalpot racing, Akan tetapi bukan hanya sekedar merk
saja yang berbicara..pada kondisi untuk keperluan balap oleh pengemar
adu kebut untuk kelas mesin standart,
4. Pemakai Profesional - Kategori Full - Racing is legal
Yang
diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot
standartnya dengan full system tipe “Racing use”, misalnya Yoshimura
Jepang, USA dan yang versi Thailand juga mudah ditemukan.
No comments:
Post a Comment